• 14-17 March 2019
  • Jakarta Convention Center

Wisata Keramik di Rumah Tanah Baru F.Widayanto

0

Siapa yang tak kenal dengan kerajinan keramik? Kerajinan yang terbuat dari tanah liat ini makin digemari, terutama cara pembuatannya. Bagi Anda yang tinggal di area Jabodetabek, dan ingin  menghabiskan akhir pekan bersama keluarga, tak ada salahnya untuk berlibur ke Wisata Keramik.

Wisata keramik yang berada di Jalan Curug Agung No 1 Tanah Baru, Beji, Depok ini merupakan tempat wisata yang wajib dikunjungi. Mengapa? Karena di sana kita akan tahu lebih dalam mengenai kerajinan keramik dari seorang seniman asal Jakarta bernama F Widayanto.

Wisata Keramik didirikan F Widayanto pada 1997 dengan luas 1,5 hektar. Tempat wisata ini memiliki tujuh bangunan yang terdiri dari satu rumah utama yang berisi berbagai koleksi hasil tangan Widayanto. Lalu, tiga rumah panggung yang digunakan untuk pengunjung yang ingin bermalam. Selain itu terdapat pula satu pendopo yang digunakan untuk para wisatawan yang ingin membuat kerajinan tangan dari tanah liat. Bagi pengunjung yang ingin bersantap, wisata keramik menyajikan aneka hidangan untuk memanjakan perut Anda.

Di tempat ini terdapat galeri yang menjual berbagai macam keramik hasil tangan pekerja di wisata keramik yang diperjualbelikan sebagai suvenir. Harga karya Pak Widayanto beragam, dari Rp 300.000 hingga Rp 700 juta sesuai ukuran dan tingkat kesulitan.

Untuk bisa masuk ke Wisata Keramik, Anda cukup merogoh kocek Rp 10.000 per orang. Tetapi bila ingin membuat karya sendiri dengan tanah liat,  dikenakan biaya Rp 140.000 per orang sudah termasuk mendapatkan minuman dan makanan ringan. Untuk karya yang sudah dibuat oleh para pengunjung bisa diambil setelah tiga hari, karena pengunjung hanya membuat karya saja, tahap selanjutnya dikerjakan oleh para pekerja seni di sana.

Bagi pengunjung yang ingin bermalam dengan menikmati suasana alam pedesaan di Wisata Keramik, disediakan penginapan khusus bagi wisatawan. Harga penginapan pun bervariasi, mulai dari Rp 400.000 hingga Rp 1.500.000 per malamnya. Wisata Keramik buka setiap hari (kecuali hari libur nasional), pukul 09.00-16.00.

Nah, bagaimana? Penasaran untuk merasakan nuansa baru di Wisata Keramik atau ingin membuat kerajinan sendiri? Yuk, Mams kunjungi saja langsung ke Wisata Keramik.

Alamat :Jl. Curug Agung no. 1 Tanah Baru, Beji – Depok

Telp. (021) 775 7685, (021) 775 7686 

Fax. (021) 775 7686

e-mail: informasi@fwidayanto.com

(Via SmartMama)